Notification texts go here. Contact Us

Tips Menjaga Kebersihan Rambut Berjilbab

Dibaca

Mengenakan jilbab bagi muslimah adalah suatu keharusan dalam ajaran agama islam. Jilbab dipakai untuk menutup aurat yakni rambut. Wanita berjilbab harus rela menutupi rambut yang merupakan mahkota bagi mereka. Meski rambut tertutup jilbab, ini tak dapat menghalangi wanita berjilbab kini bisa lebih tampil bergaya namun tentunya harus sesuai syariat. Maka kini bermunculan trend jilbab yang menjadi inspirasi. Hal inilah yang menarik minat anak – anak muda yang pada akhirnya tertarik mengenakan jilbab atau hijab. Tren jilbab ini juga seiring dengan tren busana muslimah, di mana saat ini berbagai model baju gamis modern bermunculan dengan berbagai desain yang sangat menarik.

Islam mengajarkan umatnya untuk selalu menjaga kebersihan. Nah, meski rambut kita tertutup jilbab, menjaga kebersihan rambut adalah salah satu hal yang penting. Cara menjaga kebersihan rambut tidaklah susah asal rutin dilakukan. Riset membuktikan kondisi alam Indonesia yang beriklim tropis memiliki tingkat kelembaban yang tinggi, sehingga orang cenderung mudah terserang penyakit kulit, tak terkecuali pada kulit rambut.
Maka dari itu, bagi wanita berjilbab perlu perawatan ekstra untuk menjaga kebersihan rambut yang tertutupi. Tidak harus mengeluarkan biaya mahal, perawatan rambut bisa dilakukan di rumah juga.

Berikut beberpa tips perawatan rambut supaya kulit kepala selalu sehat :

- Lakukan keramas secara teratur minimal 2-3 hari sekali.

- Sebaiknya pilihlah jenis shampo untuk rambut berminyak, karena rambut berhijab cenderung berminyak.

- Gunakan hair tonik sehabis keramas sembari lakukan pijatan ringan. Pijatin ini membantu melancarkan peredaran darah.

- Lakukan creambath seminggu sekali untuk mendapatkan nutrisi pada kulit kepala sehingga menghindari kecenderungan rambut lembab dan rambut berketombe.

- Perbanyak makanan yang mengandung rendah lemak serta kaya protein, seperti vitamin B-6, B-12 dan vitamin C, serta zat besi.

- Makanan yang dapat dijadikan pilihan yaitu kacang – kacangan, pisang, bayam.

Adapun beberapa tips lainnya sebelum mengenakan jilbab adalah sebagai berikut :

- Ketika hendak berpergian, sebelum mengenakan jilbab pastikan kondisi rambut dalam keadaan kering. Rambut yang basah / lembab, mengakibatkan rambut menjadi rapuh, menimbulkan ketombe, dan kulit kepala menjadi lembab.

- Jika rambut panjang, jangan terlalu keras mengikat rambut karena mengakibatkan rambut mudah rapuh dan patah.

- Luangkan waktu sedikit untuk melepas jilbab agar pori – pori kulit kepala bisa bernafas.

- Pilihlah jilbab berbahan kaos, spandex, katun yang mudah menyerap keringat. Hal ini mencegah terjadinya kelembaban pada rambut dan kulit kepala.

- Hindari pemakain warna jilbab yang gelap pada siang hari, karena warna hitam atau gelap sangat mudah menyerap sinar matahari, hasilnya rambut atau kepala kita menjadi lebih panas.

- Usahakan hindari pemakain jilbab berlapis, maksimal empat lapis, karena akan menyebabkan kulit kepala sulit bernafas dan lembab.

- Kurangi mengikat kerudung di bagian leher, karena menghambat udara masuk sehingga rambut susah bernafas.

- Hindari jilbab dan inner jilbab yang bahannya terlalu tebal, ketat, atau mengikat kepala terlalu kencang.

Hi, I'm Yandi Mulyadi. Thank you for knowing me.